sekolah-umum-atau-pesantrenPesantren Atau Sekolah Umum – Sekolah umum atau pesantren ? Satu sisi cenderung kepada sekolah umum yang dianggap sudah mapan dan gratis pula. Namun dalam masalah pergaulan khawatir terjerumus dengan pergaulan yang tidak baik. Masih banyak yang mempunyai paradigma bahwa orang yang bersekolah di sekolah umum lebih manfaat pendidikannya daripada di pesantren. Yang berbeda dalam sistem pendidikan dan pengajaran di pesantren yaitu selain sekolah, pondok pesantren juga merupakan rumah dan masyarakat bagi peserta didiknya. Guru di pagi hari dan pendidik juga pembimbing siswa di luar kelas, maupun dalam semua aktivitasnya. Kelembagaan di pesantren dipimpin oleh Kyai atau pemimpin pondok, yaitu sebagai sentral figur bagi segenap penghuni pondok. Sementara itu di sekolah umum hanya menyelenggarakan pendidikan sekolah dari pukul 07.00 – 12.15. Di luar itu siswa bukan lagi tanggungjawab guru melainkan tanggungjawab orangtua dan masyarakat. Di sekolah umum tidak ada kyai yang berfungsi sebagai sentral figur, pengasuh dan pendidik.

Sekolah umum, sistem pendidikan formal yang biasanya dikelola pemerintah dan lebih banyak mata pelajaran umum dibandingkan dengan agama. Sedang pesantren adalah sekolah yang memadukan antara sekolah umum dengan pendidikan pondok pesantren. Tidak hanya ilmu agama yang diajarkan tapi juga pelajaran umum. Pesantren merupakan sekolah dengan paket yang sangat komplit yaitu mendapat ilmu agama dan pengetahuan umum.

Pesantren sebagai alternatif, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak lulusan pesantren lebih memiliki integritas kebangsaan yang kuat, pemahaman keagamaan yang mumpuni serta memiliki sikap egaliter ( manusia itu ditakdirkan derajatnya sama ) dan menerima segala perbedaan juga menghormati keragaman.

Hal positif memilih pesantren :

1.Kita memberi ruang untuk belajar mandiri dengan seutuhnya.Mandiri bukan hanya dalam hal mengurus semua kebutuhan sehari-hari  seperti mencuci piring/pakaian, mebersihkan kamar/lemari/asrama/wc tetapi juga mandiri dalam hal bersosialisasi, menyelesaikan masalah di antara teman sekamar/ teman sekolah/ guru/ wali kamar sendiri serta mandiri dalam hal belajar.

2.Mendapatkan lingkungan yang Insya Allah Islami, yang melindungi mereka dari pergaulan dunia luar yang keras. Akan ada saat nanti mereka lebih siap untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan yang lebih luas lagi. Untuk tahap pencarian identitas seperti usia mereka, kita batasi dulu dalam lingkupnya dengan tujuan yang Insya Allah mereka punya pegangan yang kuat akan siapa dirinya dan apa tujuan hidupnya di dunia ini.

3.Mereka akan jauh lebih menyadari alangkah indahnya kebersamaan dengan keluarga serta akan menambah cinta kasihnya pada keluarga ( terutama pada orangtua ).

4.Selain belajar tentang ilmu dunia dan akhirat, mereka akan belajar banyak tentang karakter manusia dan ini akan sangat bermanfaat untuk kematangan kepribadian dan mental mereka. Mereka akan belajar untuk dapat memilih dan menentukan sikap.

Pesantren mampu membuat dan menentukan kurikulum sendiri tanpa mengikuti standard pendidikan yang ditentukan pemerintah dan mampu memberikan nilai lebih dalam proses belajar mengajar dengan metode pendekatan keilmuan yang dibutuhkan oleh peserta didik.

Metode pengajaran mampu mengembangkan metode-metode baru dalam menanamkan konsep maupun mempraktekkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat belajar langsung dari pengalaman langsung yang timbul sehari-hari dengan menanyakan langsung pada guru ( ustadz / ustadzh ) yang bersangkutan. Proses belajar mengajar dilakukan 24 jam sehari semalam sehingga kekurangan yang terjadi akan tertanggulangi secara langsung.

Lingkungan belajar mendukung terhadap proses belajar mengajar dari pendidik dan semua komponen mampu mengaplikasikan dan menjadikan hidup adalah belajar dan ibadah.

Pesantren tetap lebih baik dari sekolah umum terlepas dari semua kekurangan dan kelebihan dari masing-masing lembaga. Sebuah negara akan berdiri kokoh jika para pemimpin dan masyarakatnya memiliki akhlaq yang baik sehingga senantiasa menepati aturan dan norma-norma yang diperbolehkan oleh Allah SWT.

 

 

Yayasan Pendidikan Al Ma’soem

Jl.Raya Cipacing No.22

Jatinangor – Sumedang

Telp : ( 022 ) 7798204 – 7798243 -7792448

email : info[at]masoem.com

website : http://almasoem.sch.id

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s